Beranda » Jual Bibit Durian » Bibit Durian Raja Udang – Durian Unggul Lokal Indonesia Kwalitas Internasional

Bibit Durian Raja Udang – Durian Unggul Lokal Indonesia Kwalitas Internasional

Kode: 50 - 70 cm Stok: Tersedia
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori Jual Bibit Durian
Dilihat 543 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
Rp 150.000
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bibit Durian Raja Udang – Durian Unggul Lokal Indonesia Kwalitas Internasional
JUAL BIBIT DURIAN RAJA UDANG Rp 150.000
Tersedia / 50 - 70 cm
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Bibit Durian Raja Udang – Durian Unggul Lokal Indonesia Kwalitas Internasional

Durian raja udang adalah salah satu jenis durian yang sayangnya belum begitu populer di kalangan masyarakat. Padahal durian yang satu ini sangat tepat untuk dibudidayakan karena memang peluangnya sangat bagus. Apalagi jika bertemu bibit durian raja udang yang sedari awal sudah bagus, maka bisa dipastikan peluang budidaya lebih besar.

Mengenal Durian Raja Udang

Samahalnya durian lokal lain seperti durian malika. Memang masyarakat awam belum banyak yang mendengar nama durian ini. Tapi beberapa tahun ke belakang, para pengusaha budidaya durian mulai banyak melirik durian yang satu ini. Hal yang membuat durian asal Pontianak ini disukai banyak kalangan salah satunya adalah kemudahan budidayanya. Untuk yang ingin melihat penjelasan lebih lengkap bisa dilihat di bawah ini.

buah durian raja udang

buah durian raja udang

1. Ciri-Ciri Durian Raja Udang

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa durian ini berasal dari Desa Balai Karangan, Pontianak. Daerah ini merupakan daerah pelosok yang berada di dataran Kalimantan. Bisa dibilang durian yang satu ini layaknya mutiara karena susah ditemukan, tapi menyimpan keindahan di dalamnya. Daging buahnya tebal dengan rasa legit manis yang khas.

Aroma dari buah durian ini sangat khas dan menonjol serta tajam. Tapi masih dalam batas wajar. Warna dari daging buahnya adalah kuning pekat yang sangat menggugah selera. Berat dari buah yang satu ini cukup lumayan karena bisa mencapai antara 2 sampai 4 kilogram per buahnya. Durian yang satu ini juga termasuk awet, karena bisa bertahan sampai lima hari setelah jatuh dari pohon.

2. Keunggulan Durian Raja Udang

Hal pertama yang menjadi keunggulan durian yang satu ini jelas adalah dagingnya yang sangat menggugah selera. Warnanya kuning dan memiliki ketebalan yang lumayan, hampir sama dengan jenis durian musang king. Belum lagi rasanya yang legit. Keunggulan selanjutnya adalah dari pemilihan bibit durian raja udang yang tidak terlalu sulit. Karena memang sudah banyak terjual bebas di masyarakat.

Selanjutnya adalah buah ini termasuk buah yang awet karena bisa tahan selama 5 sampai enam hari setelah jatuh dari pohon. Lalu buah yang satu ini juga sudah diberikan label kualitas unggulan yang mampu bersaing dengan jenis durian yang lainnya. Terakhir adalah durian yang satu ini memiliki aroma yang harum dan sangat memikat.

3. Kandungan Gizi Durian Raja Udang

Untuk kandungan gizi dari durian raja udang ternyata cukup banyak. Salah satunya adalah antioksidan yang cukup tinggi per 100gram durian raja udang. Selain itu durian yang satu ini juga mengandung kalium yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang serta gigi. Jangan lupakan juga kandungan serat yang cukup tinggi yang bisa membantu melancarkan pencernaan.

Karbohidrat yang terkandung dalam durian ini juga cukup banyak, sehingga lumayan menyenangkan. Meskipun begitu, karena kandungan karbohidrat yang tinggi ada baiknya orang yang memiliki gangguan darah tidak mengkonsumsinya. Seperti orang yang menderita darah tinggi sangat tidak boleh mengkonsumsi durian.

4. Syarat Tumbuh Durian Raja Udang

Satu hal yang membuat budidaya durian laris manis adalah syarat tumbuh untuk tempatnya sudah tepat. Karena memang durian akan tumbuh dengan sangat baik di tempat yang memiliki iklim tropis. Dengan ketinggian daratan kurang lebih 500 sampai 1000 di atas permukaan laut. Intensitas sinar mataharinya pun berkisar di 40 sampai 50%.

Curah hujannya terhitung lumayan banyak. Karenanya ada baiknya untuk menanam tanaman durian di awal musim hujan. Hal ini dilakukan agar saat musim hujan, durian dapat tercukupi intensitas curah hujannya. Terakhir adalah lokasinya harus memiliki musim kemarau yang kering selama kurang lebih 3 sampai 4 bulan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Bibit Durian Raja udang

Syarat utama dalam pembudidayaan durian raja udang agar berhasil adalah pemilihan bibit yang baik dan berkualitas unggul. Bibit yang baik tentunya harus sehat serta tidak cacat. Dilihat dari tekstur batangnya masih kokoh, serta tidak mudah patah. Hindari juga batang bibit yang sudah keropos ataupun cacat. Karena bisa menyulitkan proses pertumbuhan nantinya.

bibit durian raja udang

bibit durian raja udang

Selanjutnya bisa dilihat dari kesehatan daunnya. Pertama perhatikan warna daunnya, apabila terlalu pucat dan berwarna tidak wajar maka lebih baik dijauhi. Perhatikan juga apakah ada bintil-bintil putih di daunnya. Serta kesehatan tunasnya juga tidak boleh dilewatkan. Bisa dibilang memilih bibit durian raja udang yang bagus memang susah-susah gampang, apalagi untuk pemula.

Melihat kesulitan tersebut, kami disini hadir dan memberikan kemudahan dengan menyediakan bibit durian raja udang kualitas unggul. Dapat dipastikan bahwa bibit yang dijual dalam kondisi sehat serta memiliki produktifitas yang baik. Selain itu juga bibit yang kami sediakan sangat bandel sehingga tahan terhadap hama dan penyakit. Pastinya juga tidak ada cacat sama sekali.

Untuk pengiriman, jangkauan kami sudah luas sehingga kami siap mengantarkannya ke seluruh wilayah Indonesia. Tidak perlu khawatir, dari proses penerimaan sampai barang sampai kami jamin keamanannya. Sehingga saat bibit diterima masih dalam kondisi yang baik. Serta kami juga mengutamakan kecepatan, jadi pemesan tidak perlu menunggu terlalu lama.

Cara Menanam Durian Raja Udang

Apabila sudah menemukan bibit durian raja udang yang bagus, maka kini saatnya masuk ke dalam pembahasan cara menanam. Untuk langkah-langkahnya bisa dilihat sebagai berikut ini.

  • Mempersiapkan lahan bisa dilakukan dengan melakukan pembersihan hama dan penyakit terlebih dahulu. Pastikan lahan juga tidak terlalu basah dengan tingkat kekeringan yang tepat untuk nantinya dibuat galian.
  • Membuat galian atau lubang ada baiknya dilakukan saat akhir musim kemarau agar lahan masih dapat dijemur dan kering dengan baik. Buatlah lubang dengan ukuran persegi 50cm sampai 100cm, disesuaikan dengan ukuran bibitnya. Lalu berikan campuran pupuk di dalamnya.
  • Setelah lubang galian sudah cukup dijemur kurang lebih dua sampai tiga hari. Setelahnya baru dilakukan penanaman dengan menaruh bibit di dalam lubang. Lalu tutup galian dan padatkan tanah sampai leher bibit durian raja udang. Tekan-tekan tanah dengan perlahan.

Cara Perawatan Durian Raja Udang

Durian raja udang memiliki tingkat tahan banting yang lumayan tinggi sama halnya jenis durian bawor. Meskipun begitu, bukan berarti tanaman ini tidak memerlukan perawatan. Beberapa perawatan untuk tanaman durian raja udang seperti yang ada di bawah ini.

1. Penyiraman

Lakukan penyiraman sehari sekali secara berkala yang ada baiknya dilakukan pada pagi hari. Dalam melakukan penyiraman sebelumnya bisa dibuat lubang galian dengan posisi mengitari tanah. Lalu siramlah pada lubang galian tersebut, dan setelah selesai tanah galian bisa ditutup kembali.

2. Pemupukan

Dalam hal pemupukan ada baiknya dan sangat disarankan pupuk yang digunakan adalah pupuk organik. Biasanya pupuk kandang yang diberikan sebanyak tiga kali selama satu tahun. Lalu pupuk NPK yang banyak konsentrat N nya juga bisa diberikan secara berkala. Hal ini bisa dilakukan untuk memancing laju pertumbuhan.

3. Pemangkasan

Tumbuhan durian semua jenis, sangat perlu untuk dilakukan pemangkasan termasuk durian raja udang. Potong tunas yang kondisinya sudah tidak sehat agar tidak mengganggu laju pertumbuhan tanaman. Pangkas juga akar yang sudah membusuk agar pohon bisa tetap tumbuh.

4. Pengendalian Hama

Meskipun tanaman durian termasuk ke dalam tanaman yang tahan banting, tapi pengendalian juga masih perlu dilakukan. Beberapa cara bisa dilakukan seperti biologis dengan cara menaruh semut untuk memakan hama. Atau kimia dengan menyemprotkan pestisida tapi tidak terlalu sering.

Hal yang Perlu Dilakukan Agar Durian Raja Udang Cepat Tumbuh

  1. Menanam saat awal musim hujan, dan lakukan di waktu sore hari.
  2. Rajin memangkas tunas atau akar yang sudah membusuk.
  3. Melakukan pembungkusan pada buah unggulan sedari awal.
  4. Jangan malas untuk mengecek kesehatan tanaman, serta memperhatikan hama di sekelilingnya.
  5. Memberikan hormon tambahan agar merangsang pertumbuhan

Meskipun terletak di pelosok daerah tapi ternyata usaha budidaya durian raja udang tidaklah terlalu sulit. Apalagi disini sudah disediakan bibit kualitas unggulan yang bisa membantu proses awal penanaman.

Tags: , , , ,

Ditambahkan pada: 17 Juli 2020
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

ALAMAT KAMI

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

HUBUNGI

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yanis
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yanis
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja