Beranda » Jual Bibit Durian » Bibit Durian Petruk – 4 Keunggulan Durian Petruk Asal Jepara

Bibit Durian Petruk – 4 Keunggulan Durian Petruk Asal Jepara

Kode: 50 - 70 cm Stok: Tersedia
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori Jual Bibit Durian
Dilihat 494 kali
Diskusi 1 komentar
Bagikan
Rp 100.000
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bibit Durian Petruk – 4 Keunggulan Durian Petruk Asal Jepara
JUAL BIBIT DURIAN PETRUK Rp 100.000
Tersedia / 50 - 70 cm
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Bibit Durian Petruk – 4 Keunggulan Durian Petruk Asal Jepara

Bibit Durian Petruk

Salah satu buah yang berasal dari Asia Tenggara dan sering dikenal sebagai rajanya dari segala buah memang tidak dapat dapat dipungkiri rasanya. Ya, apalagi kalau bukan buah durian. Jenis durian ini bermacam-macam dan memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu jenis durian yang populer dan memiliki rasa menggugah selera yaitu durian petruk. Banyak sekali orang yang mencari bibit durian petruk ini, cara menanam dan perawatan yang mudah menjadikan banyak orang mencari.

Di negara yang memiliki julukan surganya durian ini, durian petruk menjadi jenis durian yang paling banyak dicari dan mudah untuk ditemukan. Tentunya dari berbagai jenis yang ada, terdapat keunggulan tersendiri dan memiliki cita rasa yang berbeda. Jika tertarik ingin menanam dan memiliki pohon durian jenis petruk ini sendiri, simak ulasannya berikut ini!

Sekilas Mengenai Durian Petruk

buah durian petruk

buah durian petruk

Durian petruk merupakan jenis durian yang ditemukan oleh seorang penduduk di Tahunan Jepara tepatnya di Desa Dukuh, Randusari. Tak heran, jenis durian ini menjadi khas di daerah Jepara. Namanya dikenal pada era 80-an dan melejit karena keistimewaan durian petruk tersebut. Meskipun aroma dari durian ini terbilang tidak menyengat, namun rasa yang dihasilkan tetap sangat nikmat.

Baik lokal maupun impor, durian petruk ini memiliki keistimewaan tersendiri yang tentunya tidak dimiliki oleh jenis durian yang lainnya. bibit durian petruk juga lebih mudah dalam penanamannya. Sehingga banyak orang yang mencoba membudidaya jenis durian yang satu ini. hal tersebut menjadikan para pencinta durian tetap selalu mencari jenis durian ini untuk dikonsumsinya.

Ciri-Ciri Buah Durian Petruk

seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa durian ini memiliki keistimewaan dibanding yuang lainnya. Dilihat dari ciri-cirinya, bentuk durian ini panjang dan juga terbilang besar. Kulitnya yang tajam dan juga runcing selalu memiliki warna kuning kecokelatan atau bisa juga hijau kekuningan. Berbicara mengenai buahnya, durian petruk ini memiliki daging buah yang tebal.

Adanya daging yang tebal memberikan kepuasan tersendiri bagi penikmat durian. Warna dari daging durian petruk ini lebih condong ke kekuningan. Terlebih bijinya yang kecil dengan jumlah pongge antara 5-10 biji menjadikan jenis durian ini terbilang sempurna.

Citarasa yang dihasilkan dari buah durian petruk ini sangat-sangat menggugah selera. Buahnya terasa sangat manis meskipun terdapat sedikit rasa pahit namun hal tersebut yang menjadikan beda namun memiliki kelezatan tersendiri. Semua pecinta durian tentu tidak pernah ketinggalan untuk menikmati jenis durian petruk ini.

Keunggulan Buah Durian Petruk

Selain durian montong dan juga durian musangking, durian petruk inji juga memiliki keunggulan yang juga tidak tertandingi dengan durian yang lainnya. Hal ini yang terus menjadikan durian petruk ini banyak dicari. Nah, berikut beberapa keunggulan yang ada pada durian petruk, antara lain:

daging buah durian petruk

daging buah durian petruk

1. Tahan Busuk Dan Hama Penyakit

Bagi mereka yang membudidaya bibit durian petruk, akan merasakan sebuah perbedaan ketika membudidaya jenis durian yang satu ini. ketika jenis durian lain mudah membusuk, lain halnya degan durian petruk. Ketahanan terhadap penyakit seperti busuk akar dan juga serangan hama penyakit sangat diacungi jempol terhadap durian petruk ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa adanya akar busuk menjadi momok yang menakutkan bagi petani. Hal ini berimbas kepada hasil dan juga durian yang ditanamnya. Penyakit yang biasa menyerang bagian terpenting seperti akar akan mudah mematikan tanaman yang ada. Adanya ketahanan terhadap penyakit maupun hama menjadi mudahnya dalam perawatan.

2. Sangat Tebal Dan Juga Mantap

Jika durian montong menjadi durian yang tebal dagingnya, sama halnya dengan durian petruk ini. bahkan rasanya yang mantap layaknya durian musanking juga ikut menjadi bagian dari rasa durian petruk. Bijinya yang kecil dan juga dagingnya yang tebal menjadikan durian petruk sangat unggul.

Bahkan selain tebal dan juga mantap, rasanya sangat melegit dan juga lezat. Paduan rasa pahit yang samar dengan aroma harum menjadikan banyak orang mencari jenis durian ini. keberadaan durian petruk ini menjadi sebuah solusi bagi mereka yang gencar akan raja buah tersebut.

3. Memiliki Manfaat Yang Luar Biasa

Durian memiliki sebuah kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan bahkan bisa digunakan sebagai sarana pengobatan. Banyaknya senyawa positif yang ada mampu menjadikan tubuh kita semakin sehat. manfaat dari durian tersebut seperti halnya memperlancar dan juga melindungi sistem pencernaan karena banyaknya kandungan serat.

Tidak hanya kandungan serat yang berfungsi bagi kesehatan, adanya vitamin C yang terdapat dalam durian ini mampu menjaga kesehatan kulit. Persendian tulang dan juga meningkatkan selera makan menjadi manfaat dari kandungan seperti kalsium dan vitamin B1 yang terdapat dalam buah durian.

4. Memiliki Nilai Ekonomis

Durian terkenal dengan jenis buah yang memerlukan uang lebih dibandingkan dengan buah yang lainnya. Meskipun harga durian petruk dibawah dari durian montong dan juga musanking, namun jenis durian ini tetap lebih mahal dibandingkan dengan durian lokal.

Hal tersebut menjadi sebuah keuntungan ketika kita memiliki pohon durian petruk ini dan bisa menjadi sumber penghasilan yang lebih. Terlebih jika perawatan yang dilakukan benar, menghasilkan durian yang besar untuk jenis ini bukanlah hal yang sulit. Semakin besar dan juga sehat durian yang ada, semakin besar pula penghasilan yang akan didapatkan.

Tertarik Menanam Bibit Durian Petruk?

Melihat beberapa keunggulan yang ada pada buah durian petruk ini menjadikan banyak orang mencari bibit durian petruk untuk ditanam. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika melakukan pemesanan bibit di tempat kami. Keuntungan tersebut yang menjadikan semakin hari banyak pelanggan yang melakukan pemesanan. Berikut hal yang akan didapatkan:

bibit durian petruk

bibit durian petruk

  • Kualitas durian sangat bagus. Bisa dibuktikan dengan melihat banyaknya pelanggan yang selalu puas dengan bibit yang kami jual. Berbagai bibit yang ada, kami pastikan kualitasnya. Dengan bibit yang berjualitas, akan menjadikan bibit siap untuk ditanam dan juga bisa tumbuh dengan baik.
  • Merupakan bibit asli. Takut ingin membeli bibit buah durian petruk namun dikirim bibit yang lain? Hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Bibit yang kami kirim benar-benar bibit yang sesuai dengan pesanan. Hal ini karena kepercayaan pelanggan menjadi hal yang kami utamakan. Banyak sekali testimoni yang bisa dilihat.
  • Cepat berbuah. Ingin segera merasakan panen buah durian petruk sendiri menjadi hal yang didambakan semua orang. Ketika membeli bibit dan langsung cepat berbuah menjadi keuntungan tersendiri. Hal tersebut akan didapatkan ditempat kami, bibit yang kami kirim merupakan bibit dengan intensitas berbuah yang lebih cepat.
  • Siap kirim se indonesia. Wilayah yang jauh dan juga tidak dekat dengan lalu lintas bukanlah hal yang sulit untuk bisa mendapatkan bibit buah durian petruk ini. kami siap untuk mengirimkan bibit kemanapun anda berada. Seluruh penjuru Indonesia bisa mendapatkan peluang untuk memiliki bibit yang piopuler ini.
  • Garansi bibit aman sampai tujuan. Sudah mendapatkan bibit yang bagus dan juga kualitas yang bagus namun sesampainya tempat tujuan bibit rusak? Hal tersebut tidak perlu menjadi sebuah hal yang meresahkan. Bagaimana tidak? Kami memberikan sebuah garansi bibit tetap aman sampai tujuan. Hal ini memberikan kenyamanan bagi pelanggan karena tidak perlu khawatir bibit rusak.

Cara Menanam Durian Petruk

pohon durian petruk

pohon durian petruk

Ketika telah memiliki bibit durian petruk, hal yang menjadi pr penting yaitu bagaimana melakukan penanaman raja buah ini. Degan melakukan penanaman yang benar tentu akan memberikan peluang besar untuk merasakan panen yang berlipat. Nah, agar tidak salah langkah, berikut cara menanam durian petruk tersebut, antara lain:

  • Pastikan melakukan penanaman dengan jarak yang ideal antar tanaman. Jika mendapatkan bibit genjah, jarak antar tanaman yaitu 10x10m. namun jika jenis durian menengah, jarak yang diambil yaitu 12×12 m.
  • Membuat ukuran lubang dengan panjang, lebar, tinggi yaitu 80x80x70 cm. atau bisa juga dengan ukuran 70x70x60 cm. perbedaan ukuran ini disesuaikan dengan keadaan dan juga kondisi lahan serta seberapa t8inggi bibit durian yang ada.
  • Penggalian tanah bagian atas diusahakan sekitar 20 cm dan dipisahkan dari bagian bawah. Tunggulah kurang lebih 2 hingga 3 minggu.
  • Lubang yang dibuat untuk tanam ditutup kembali dengan galian tanah yang telah dicampur menggunakan pupuk seperti halnya kompos maupun kandang. Banyaknya pupuk kandang tersebut kurang lebih yaitu 30 kg.
  • Ketika melakukan penanaman bibit durian pada saat musim hujan, bisa dilakukan pada sore hari. Hal ini bertujuan agar bibit tidak langsung terkena sinar matahari.
  • Lakukan penanaman bibit sekitar 5 cm dari atas pangkal batang. Berilah agar bambu atau penopang agar tanaman bisa tumbuh tegak.
  • Pastikan untuk memberi sebuah naungan agar tidak terkena hujan deras atau sengatan matahari secara langsung. Naungan ini berlangsung hingga umur bibit durian petruk berumur 3 hingga 5 bulan.
  • Untuk menjaga kelembaban tanah, bisa dengan menutupi tanah menggunakan jerami atau bahkan rumput

Cara Pemupukan Durian Petruk

Setelah melakukan penanaman yang benar, tentu untuk menunjang pertumbuhan dan juga perkembangan pohon durian perlu diberi pemupukan. Hal ini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan antara intensitas dan juga banyaknya pupuk yang ada. Berikut informasinya lebih lanjut:

1. Pemupukan Sebelum Berbuah

Setiap usia yang pada durian ketika melakukan pemupukan yaitu berbeda. Untuk pemupukan yang dilakukan sebelum berbuah, yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan melakukan pemupukan 2x setahun dengan menggunakan pupuk NPK
  • Dosis yang digunakan ketika pemupukan yaitu 40 hingga 80 gram per pohon ketika berumur 1 tahun
  • Untuk tanaman yang berumur 2 tahun, banyaknya pupuk bisa 150 hingga 30 gram per pohon.
  • Ketika lebih dari 3 tahun, banyaknya pupuk yaitu 400 hingga 600 gram per pohon.
  • Untuk pemupukan yang menggunakan pupuk organik, lakukan setahun sekali dengan dosis setidaknya 20 kg per pohon.

2. Pemupukan Setelah Berbuah

Lain halnya dengan pemupukan pertama. Ketika ingin melakukan pemupukan setelah berbuah, bisa degan melakukan hal berikut. Antara lain:

  • Sesudah pemangkasan, lakukan pemupukan dengan pupuk organik sebanyak 40 hingga 60 kg, SP-36 890 gram,KCL 530 gram dan juga Urea 670 gram.
  • Ketika pucuk sudah terlihat menua, menggunakan KCL 265 gram, SP-36 445 gram, dan urea 335 gram.
  • Setelah dua bulan pemupukan kedua, menggunakan KCL 150 gram, urea 180 gram, dan juga SP-36 650 gran.
  • Jika sudah berbunga menggunakan KCL 100 gram, urea 45 gram dan SP-36 225 gram.

Tips Agar Durian Cepat Berbuah

Setelah melakukan penanaman dan juga pemupukan dengan benar, ada tips agar bibit durian petruk ini cepat berbuah. Berikut tipsnya:

  • Gunakan pupuk yang berkualitas dan juga tidak basah
  • Menggunakan bahan baku pupuk kambing yang telah difermentasi
  • Aplikasi pupuk kandang dengan cara menjadikan parit dengan lebar 15 cm.
  • Jangan menggunakan pupuk dengan cara di tebar, hal ini akan menjadi tidak efisien.

Bagaimana, tertarik untuk melakukan penanaman durian petruk untuk merasakan segala keunggulan yang ada tersebut? segera ambil dan lakukan penanaman bibit durian petruk serta tunjukan kemampuanmu sekarang juga.

Tags: , , , , , , , ,

Ditambahkan pada: 1 Februari 2020
Produk Terkait
Diskusi Produk (1)

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan admin atau pengguna lainnya.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

ALAMAT KAMI

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

HUBUNGI

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yanis
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yanis
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja